Tuesday 12 August 2014

Mengenal Sistem CAT untuk Tes CPNS 2014




Masyarakat Indonesia khususnya yang ingin mendaftarkan diri sebagai CPNS kini tengah sumringah. Pasalnya pemerintah Indonesia membuka lowongan pekerjaan untuk CPNS dan menargetkan akan menjaring sebanyak 60.000 PNS baru untuk tahun ini.
Namun ada yang berbeda, pasalnya untuk pertama kalinya sistem perekrutan CPNS akan menggunakan proses baru yang lebih canggih yakni dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Apa itu sistem CAT ? Berikut adalah penjelasannya.

Sistem CAT ini nantinya para peserta yang mengikuti test CPNS tersebut menerima soal secara on-line, kemudian yang bersangkutan langsung menjawabnya pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kemudian secara langsung, jawaban yang diberikan oleh peserta test CPNS/CASN tersebut akan langsung masuk ke server atau database pusat dan dikumpulkan disana.

Dengan sistem ujian yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) tersebut, setiap peserta test CPNS akan langsung mengetahui skor atau nilai hasil ujian mereka setelah mereka selesai mengerjakan soal-soal test tersebut. Sistem tes seperti ini juga tidak bisa direkayasa sebab sistem komputer yang akan langsung memeriksa jawaban tiap peserta.

** UNTUK TAHAP AWAL, KARENA KETERBATASAN SARANA SISTEM INI BARU BISA DITERAPKAN UNTUK PENERIMAAN CPNS KEMENTRIAN/ LEMBAGA (PENERIMAAN CPNS PUSAT). UNTUK CPNS DAERAH MASIH MENGGUNAKAN LJK (LEMBAR JAWAB KOMPUTER) **

Adapun materi tes terdiri atas Tes Kompetensi Dasar (TKD), yang kisi-kisinya terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). Sedangkan kisi-kisi materi Tes Kompetensi Bidang (TKB), disusun dan ditetapkan masing-masing instansi pembina jabatan fungsional. Dan inilah yang masuk dalam kisi-kisi tes cpns 2013 tersebut.

Pelaksanaan tes ujian cpns akan diadakan secara regional. Hal ini dilakukan karena keterbatasan dalam sistem CAT itu sendiri. Sedangkan untuk ujian cpns pusat akan dibagi dari tiap kementrian maupun lembaga negara yang mengadakan seleksi penerimaan cpns di lembaganya maupun di kementriannya.

Tes Kompetensi Dasar (TKD)
Tes ini terdiri dari 3 bagian yaitu :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan 
1. Pancasila.
2. Bhinneka Tunggal Ika.
3. UUD 1945.
4. Tata Negara.
5. Kebijakan Pemerintah Pusat dan Daerah.
6. Sejarah Indonesia.
7. Bahasa Indonesia.
8. Bahasa Inggris.
9. Pengetahuan dan Wawasan Umum.

2. Tes Intelegensi Umum (TIU)
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
1. Kemampuan verbal, yang terdiri atas : Tes Sinonim (persamaan kata); Tes Antonim (lawan kata): Tes Padanan hubungan kata; dan Tes Pengelompokan kata.
2. Kemampuan numerik yang terdiri atas : Tes aritmetik (hitungan) : Tes Seri angka, Tes Seri huruf, Tes Logika Angka, dan Tes Angka dalam cerita.
3. Kemampuan berpikir logis dan analisis Tes Logika Umum yang terdiri dari bagian : Tes Analisa Pernyataan, Tes Kesimpulan Silogisme, dan Tes logika Cerita.

3. Tes Karakter Pribadi (TKP)
Tes ini berisi materi soal yang berkaitan dengan :
1. Tes Integritas diri.
2. Tes Semangat berprestasi.
3. Tes Kreatifitas dan inovasi.
4. Tes Orientasi pada pelayanan.
5. Tes Orientasi kepada orang lain.
6. Tes Kemampuan beradaptasi.
7. Tes Kemampuan mengendalikan diri.
8. Tes Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas.
9. Tes Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.
10. Tes Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
11. Tes Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Sumber
DMCA.com

0 comments:

Post a Comment

◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Pembaca

Copyright © 2012. info lowongan kerja - All Rights Reserved B-Seo Versi 5 by Bamz my free template